Thursday, September 12, 2013

VLAN


Halo Sobat Blogger,pada postingan ini saya akan sedikit membahas tentang VLAN,dan contoh dari jaringan VLAN itu sendiri.

Pemanfaatan teknologi jaringan komputer sebagai media komunikasi data hingga saat ini semakin meningkat. Kebutuhan atas penggunaan bersama resources yang ada dalam jaringan baik software maupun hardware telah mengakibatkan timbulnya berbagai pengembangan teknologi jaringan itu sendiri. Seiring dengan semakin tingginya tingkat kebutuhan dan semakin banyaknya pengguna jaringan yang menginginkan suatu bentuk jaringan yang dapat memberikan hasil maksimal baik dari segi efisiensi maupun peningkatan keamanan jaringan itu sendiri.
Berlandaskan pada keinginan-keinginan tersebut, maka upaya-upaya penyempurnaan terus dilakukan oleh berbagai pihak. Dengan memanfaatkan berbagai tekhnik khususnya teknik subnetting dan penggunaan hardware yang lebih baik (antara lain switch) maka muncullah konsep Virtual Local Area Network (VLAN) yang diharapkan dapat memberikan hasil yang lebih baik dibanding Local area Network (LAN).
 
VLAN (Virtual Local Area Network) adalah suatu model jaringan yang tidak terbatas pada lokasi fisik seperti LAN, hal ini mengakibatkan suatu network dapat dikonfigurasi secara virtual tanpa harus menuruti lokasi fisik peralatan.


Penggunaan VLAN akan membuat pengaturan jaringan menjadi sangat fleksibel karena dapat dibuat segmen yang bergantung pada organisasi, tanpa bergantung lokasi workstations.

VLAN diciptakan untuk menyediakan layanan segmentasi secara tradisional disediakan oleh router di konfigurasi LAN. VLAN menangani masalah-masalah seperti skalabilitas, keamanan, dan manajemen jaringan.

KEGUNAAN VLAN:
  1. Menimalisir kemungkinan terjadinya konflik IP yang terlalu banyak.
  2. Mencegah terjadinya collision domain (tabrakan domain).
  3. Mengurangi tingkat vulnerabilities.
     
untuk Sobat Blogger yang ingin jauh tau tentang VLAN,bisa mendownload contoh jaringan VLAN yang menggunakan Cisco Packet Tracer dan tutorialnya dibawah ini : 
  1. jaringan VLAN menggunakan Class A dengan jumlah host yang sama antara 1 network dengan yang lain (total 160 host)
    untuk contoh jaringan VLAN menggunakan Cisco Packet Tracer,bisa download Disini
    untuk tutorial jaringan VLAN nya bisa download Disini
  2. Jaringan VLAN menggunakan Class A dengan jumlah host yang berbeda antara 1 network dengan yang lain (total 170 host) untuk contoh jaringan VLAN menggunakan Cisco Packet Tracer,bisa download Disini
    untuk tutorial jaringan VLAN nya bisa download Disini
Mungkin cukup sekian yang bisa saya bagi dengan Sobat Blogger,maaf jika ada kekurangan.semoga bermanfaat :)


0 comments: